Skip to main content

MEMBUAT STOPWATCH MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVASCRIPT(SERTA CODINGNYA)

           



              Sesi kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan dalam membuat Stopwatch menggunakan bahasa pemrograman javascript.Seperti Biasa saya menggunakan Text Editor Visual Studio Code untuk menjalankan codingan saya.Bagi Teman-teman yang belum mempunyai Text Editor tersebut,silahkan download di Situs web resminya ya.Akan tetapi Teman-teman bisa juga menggunakan Text editor yang lain,seperti subleme text,notepad,notepad++ dan yang lain-lain.Untuk Penampilan Visual studio code seperti Gambar dibawah ini.















Untuk Code HTML nya seperti berikut:

<!DOCTYPE html>

<html lang="en">

<head>

    <meta charset="UTF-8">

    <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">

    <title>Stop Watch</title>

    <link rel="stylesheet" href="style.css">

    <link rel="stylesheet" href="https://stackpath.bootstrapcdn.com/bootstrap/4.5.0/css/bootstrap.min.css" integrity="sha384-9aIt2nRpC12Uk9gS9baDl411NQApFmC26EwAOH8WgZl5MYYxFfc+NcPb1dKGj7Sk" crossorigin="anonymous">

</head>

<body>

    

<!-- start of stop watch -->


  <div class="container-fluid">

    <div class="row">

    <div class="col sm-3 text-center" id="down">

    <button type="button" class="btn btn-primary border" onclick="start()">Start</button>

    <button type="button" class="btn btn-secondary border" onclick="pause()">Pause</button>

    <button type="button" class="btn btn-warning border" onclick="stop()">Reset</button>


    <button type="button" class="btn btn-info border" onclick="restart()">Restart</button>

    <button type="button" class="btn btn-danger border" onclick="laps()">Lap</button>

    <button type="button" class="btn btn-success border" id="neechy" onclick="resetlaps()">Lap Reset</button>

    <p class="display-3 stopwatch">00:00:00</p>

     <ul class="laps"></ul>

     <p id="wasi">Developer: Dharma Gunawan Tambunan,S.T</p>

  </div>

</div>

  </div>


  <!-- end of calculator -->


</body>

<script src="app.js">

</script>

</html>


Untuk Code CSS nya seperti berikut:

container-fluid ,body{

    color: #f6f6f6;

    width: auto !important;

    background: rgb(2,0,36);

    background: linear-gradient(90deg, rgb(101, 245, 132) 0%, rgb(86, 244, 117) 35%, rgb(55, 236, 107) 100%);

 

 }

 .stopwatch{

     font-size: 16em;

     font-family: monospace;

 }

 

 ul{

     margin: 0;

     padding: 0;

 }

 ul li {

     list-style: none;

     padding: 10px 0;

 }

 #down{

     margin-top: 10rem !important;

 

 }

 

 @media screen and (min-width: 360px) {

     #neechy{

         margin-top: 5px;

     }

 }

 

 #wasi{

     font-size: 30px;

 }

 

 /* ----------end of code----------------------- */


Untuk Code JAVASCRIPT nya seperti berikut:


//start of code

var ms = 0; s = 0; m = 0; //milli,seconds,minutes are  = 0

var timer;//take name as timer..//


var stopwatch = document.querySelector('.stopwatch');

var lapsContainer = document.querySelector('.laps');//we take class in html and put here//



function start(){

    if(!timer){

        timer = setInterval(run,10);  

    }


}


function run(){

    stopwatch.textContent = getTimer()

    ms++;

    if(ms == 100){

        ms = 0;

        s++;

    }

    if(s == 60){

        s = 0;

        m++;


    }

}//for start the function


function pause(){

    stopTimer();

}//pause


function stop(){

    stopTimer();

    ms = 0;

    s = 0;

    m = 0;

    stopwatch.textContent = getTimer()

}//stop and reset to factory mode


function stopTimer(){

    clearInterval(timer);

    timer = false;

}//pause the function


function getTimer(){

    return (m < 10 ? "0" + m : m) + ":" + (s < 10 ? "0" + s : s) + ":" + (ms < 10 ? "0" + ms : ms);

}//for no less then 10 we take 0 before that like 02:09:60...//


function restart(){

    stop();

    start();

}//restart 


function laps(){

    if(timer){

        var li = document.createElement('li');

        li.innerText = getTimer();

        lapsContainer.appendChild(li);

    }

}//laps


function resetlaps(){

    lapsContainer.innerHTML = '';

}//reset laps


            Setelah Itu anda simpan di Folder yang sudah anda sediakan sebelumnya,dan setelah anda simpan kemudian anda Run atau jalankan.Maka hasilnya seperti Gambar berikut ini













SELAMAT MENCOBA!!!😉

Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN DAN MANFAAT PEREGANGAN STATIS DAN DINAMIS DALAM DUNIA OLAHRAGA

                          Dalam Gerakan peregangan meliputi peregangan statis dan dinamis. Peregangan statis dilakukan setelah latihan, sedangkan peregangan dinamis dilakukan sebelum latihan. Kedua jenis peregangan ini memiliki manfaatnya masing-masing.Peregangan (stretching) sebaiknya dilakukan sebelum  berolahraga. Bagi anda yang belum tahu,  peregangan termasuk peregangan statis dan dinamis. Keduanya memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing.            Peregangan Statis adalah jenis peregangan yang dilakukan di akhir latihan. Ini memiliki pola peregangan berbeda yang terjadi selama periode waktu tertentu dan tidak ada gerakan. Pemanasan statis memungkinkan otot tubuh bagian atas untuk rileks sambil meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak.Berikut manfaat peregangan stastis: * Peningkatan fleksibilitas dan rentang gerak          ...

Komponen & Gerak Dasar Kebugaran Jasmani Dalam Berolahraga

               Kebugaran jasmani adalah alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, selain itu merupakan upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan kesehatan dan kebugaran tubuh.               Kebugaran jasmani atau physical fitness dapat diartikan sebagai kondisi jasmani yang menggambarkan kebugaran jasmani atau dapat pula diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Komponen kebugaran jasmani, di antaranya adalah sebagai berikut.   1. Kelenturan adalah kemampuan sendi untuk melakukan gerakan secara maksimal.   2. Keseimbangan merupakan kemampuan sikap dan posisi tubuh pada saat tertentu.    3. Kecepatan adalah kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang singkat.        4. Kelincahan merupakan kemampuan mengubah arah dengan ...

MENGGAMBAR KARTUN TOM & JERRY MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PYHTON

                           Bahasa pemrograman pyhton merupakan suatu bahasa pemrograman komputer guna membantu pekerjaan lebih cepat dan mengintregasikan sistem anda lebih efektif.Pada topik pembahasan saat ini yaitu mengenai cara menggambar kartun Tom & jerry menggunakan bahasa pemrograman pyhton.               Ada beberapa persyaratan untuk menjalankan bahasa pemrograman pyhton diantaranya anda harus mempunyai software text editor dan Ekstensi Interpreter penerjemah bahasa pyhton ke dalam bahasa mesin.Dalam menjalankan bahasa pemrograman python ada beberapa software yang bisa anda gunakan seperti,Paycharm,Kite,Spyder,IDLE,Vs.code dan yang lain-lain.               Anda bisa saja memilih salah satu software yang ingin anda gunakan didalam penjelasan sebelumnya.Pada topik ini saya memilih software Vs.code dalam menjalankan per...