Skip to main content

MEMBUAT KODE OTP MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVASCRIPT

           

Bahasa pemrograman javascript pada umumnya sering digunakan dalam pembuatan website,akan tetapi bisa juga untuk membuat aplikasi server serta game development.Pada pembahasan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara membuat kode otp dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript.

            Ada banyak jenis software text editor yang bisa anda gunakan untuk menjalankan program atau codingan bahasa pemrograman javascript ini.Anda bisa menggunakan Software text editor Notepad,Notepad++,Subleme Text,Atom,Visual Studio Code dan yang lain-lain.Untuk menjalankan Program yang satu ini saya merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan Software text editor Vs.code.

            Mengapa harus menggunakan Vs.code?.Vs.code memilki banyak keunggulan,fitur,dan ekstensi yang bisa diinstal langsung dan dipergunakan.Software yang satu ini sangat cocok dipakai bagi anda yang sedang belajar tentang bahasa pemrograman komputer.Bahkan programmer profesional kelas duniapun banyak menggunakan software Vs.code ini.Apabila anda belum mempunyai software Vs.code ini,anda bisa mendownload nya di laman situs website resminya https://code.visualstudio.com/download.Berikut tampilan atau gambar software text editor Vs.code ketika anda sudah berhasil menginstall dan membukanya












            Setelah anda berhasil mengistall dan membuka software Vs.code tersebut maka langkah selanjutnya adalah silahkan buka text file yang baru.Kemudian anda pilih bahasa pemrograman yang mau anda gunakan,setelah itu silahkan tuliskan coding berikut ini.


Berikut Untuk Code HTML nya:

<!DOCTYPE html>

<html lang="en">

  <head>

    <meta charset="UTF-8" />

    <meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="IE=edge" />

    <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0" />

    <link rel="stylesheet" href="style.css" />

    <title>OTP Field</title>

  </head>

  <body>

    <h1>Enter OTP</h1>

    <div class="otp-field">

      <input type="text" maxlength="1" />

      <input type="text" maxlength="1" />

      <input class="space" type="text" maxlength="1" />

      <input type="text" maxlength="1" />

      <input type="text" maxlength="1" />

      <input type="text" maxlength="1" />

    </div>

    <script src="main.js"></script>

  </body>

</html>


Berikut Untuk Code CSS nya:

body {

    margin: 0;

    font-family: "Poppins", sans-serif;

    display: flex;

    justify-content: center;

    align-items: center;

    flex-direction: column;

    background: #282a36;

    height: 100vh;

    color: #fff;

  }

  

  .otp-field {

    display: flex;

  }

  

  .otp-field input {

    width: 24px;

    font-size: 32px;

    padding: 10px;

    text-align: center;

    border-radius: 5px;

    margin: 2px;

    border: 2px solid #55525c;

    background: #21232d;

    font-weight: bold;

    color: #fff;

    outline: none;

    transition: all 0.1s;

  }

  

  .otp-field input:focus {

    border: 2px solid #a527ff;

    box-shadow: 0 0 2px 2px #a527ff6a;

  }

  

  .disabled {

    opacity: 0.5;

  }

  

  .space {

    margin-right: 1rem !important;

  }



Berikut Untuk Code JAVACRIPT nya:


const inputs = document.querySelectorAll(".otp-field input");


inputs.forEach((input, index) => {

  input.dataset.index = index;

  input.addEventListener("paste", handleOnPasteOtp);

  input.addEventListener("keyup", handleOtp);

});


function handleOtp(e) {

  /**

   * <input type="text" πŸ‘‰ maxlength="1" />

   * πŸ‘‰ NOTE: On mobile devices `maxlength` property isn't supported,

   * So we to write our own logic to make it work. πŸ™‚

   */

  const input = e.target;

  let value = input.value;

  input.value = "";

  input.value = value ? value[0] : "";


  let fieldIndex = input.dataset.index;

  if (value.length > 0 && fieldIndex < inputs.length - 1) {

    input.nextElementSibling.focus();

  }


  if (e.key === "Backspace" && fieldIndex > 0) {

    input.previousElementSibling.focus();

  }


  if (fieldIndex == inputs.length - 1) {

    submit();

  }

}


function handleOnPasteOtp(e) {

  const data = e.clipboardData.getData("text");

  const value = data.split("");

  if (value.length === inputs.length) {

    inputs.forEach((input, index) => (input.value = value[index]));

    submit();

  }

}


function submit() {

  console.log("Submitting...");

  // πŸ‘‡ Entered OTP

  let otp = "";

  inputs.forEach((input) => {

    otp += input.value;

    input.disabled = true;

    input.classList.add("disabled");

  });

  console.log(otp);

  // πŸ‘‰ Call API below

}


            Langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah simpan atau save coding tersebut di folder penyimpanan yang anda inginkan.Kemudian RUN atau jalankan program tersebut,maka hasil nya akan tampak seperti gambar atau tampilan berikut ini.














SELAMAT MENCOBA!!!πŸ˜‡

Comments

Popular posts from this blog

MEMBUAT GAME SEDERHANA MEMECAHKAN BOLA SALJU DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVASCRIPT

                                                Pembahasan kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang cara membuat game sederhana memecahkan bola salju dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript.Pertama yang anda lakukan adalah membuka Software Text editor anda seperti Notepad,Notepad++,Sublem Text,Atom,Visual Studio code dan yang lain-lain.Di Pembahasan kali ini saya akan menggunakan Software Text Editor Visual Studio code,mengapa saya menggunakan software ini?.               Software visual studio code memilki beberapa keunggulan dan beberapa fitur yang berbeda dari Software Text Editor yang lainnya.Salah satu keunggulan Software Vs.code adalah sudah support berbagai macam bahasa pemrograman dan sangat cocok digunakan bagi anda yang lagi belajar coding .Bahkan sofware Vs code ini banyak ...

MANFAAT SENAM OTAK DAN BEBERAPA GERAKANNYA

                              Ketika Anda mendengar kata senam, Anda akan berpikir bahwa gerakan yang membutuhkan partisipasi aktif anggota badan seperti senam pada umumnya. Namun berbeda dengan senam umum, senam otak dilakukan dengan gerakan yang lebih mudah dipahami.              Senam otak merupakan bagian dari program pendidikan kinesiologi. Mengajar kinesiologi berarti "belajar menggambar dengan gerakan". Ini adalah program berbasis gerakan yang canggih dan sangat efektif yang meningkatkan komunikasi saraf dalam pikiran dan tubuh untuk membantu Anda mencapai dan mencapai potensi tertinggi Anda dalam pembelajaran dan keterampilan hidup. Senam otak  meningkatkan fungsi saraf sehingga bagian otak terhubung lebih kuat  dan lebih mudah diakses untuk  tugas tertentu. Program ini menggunakan keterampilan motorik perkembangan dan membawa peningkat...

PENGERTIAN DAN MANFAAT PEREGANGAN STATIS DAN DINAMIS DALAM DUNIA OLAHRAGA

                          Dalam Gerakan peregangan meliputi peregangan statis dan dinamis. Peregangan statis dilakukan setelah latihan, sedangkan peregangan dinamis dilakukan sebelum latihan. Kedua jenis peregangan ini memiliki manfaatnya masing-masing.Peregangan (stretching) sebaiknya dilakukan sebelum  berolahraga. Bagi anda yang belum tahu,  peregangan termasuk peregangan statis dan dinamis. Keduanya memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing.            Peregangan Statis adalah jenis peregangan yang dilakukan di akhir latihan. Ini memiliki pola peregangan berbeda yang terjadi selama periode waktu tertentu dan tidak ada gerakan. Pemanasan statis memungkinkan otot tubuh bagian atas untuk rileks sambil meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak.Berikut manfaat peregangan stastis: * Peningkatan fleksibilitas dan rentang gerak          ...